Sunday 7 April 2013

Tutorial Desain Logo Text Based dengan Efek Letterpress dan Drop Shadow


Berikut ini akan penulsi berikan step by step pembuatan logo yang ciamik dan menarik sehingga anda bisa belajar dan bisa mengambil manfaat terbaik dari tutorial ini. Gambar di bawah ini adalah contok logo yang akan dibuat pada tutorial kal ini.
Effiro Logo
Gambar ini juga merupakan contoh yang akan dibuat tetapi dengan warna dan efek yang sedikit berberda. Kalau gambar di atas berwarna cerah, sedangkan di bawah ini sedikit “kalem” yang masing-masing memiliki kelebihan sendiri-sendiri.
Effiro Logo Gray
Properti Tutorial
  • Aplikasi desain: Inkscape
  • Sistem operasi: Ubuntu
  • Tingkat kesulitan: rendah
  • Font: Dodger dan Xirod
Daftar Shortcut
  • Ctrl+Alt+C: convert to path
  • Ctrl+G: group
  • G: gradation
  • T: text tool
  • S: select tool
  • R: rectangle tool
Desain Logo
Logo ini berjudul Effiro. Terinspirasi dari permintaan teman untuk dipakai dalam lomba. Kita akan mulai membuat Effiro yang berisi efek letterpress dan drop shadow. Logo Effiro yang merah akan kita buat setelahnya. Supaya mudah, saya beri nama yang abu-abu Staccato Drop dan yang merah Red Patrol.

Mendesain Staccato Drop

Pertama-tama: buatlah persegi panjang berukuran 302 x 147. Atur ukuran dengan mengetiknya pada kotak ukuran di toolbar. Beri warna 60% Grey. Kalau bingung, cari abu-abu di palet warna bawah dengan membiarkan pointer berada di atas kotak warna. Nanti ada tooltip nama warnanya. Pilih yang 60% Grey.
Effiro Proses
Effiro Proses Menu
Kedua: dengan Text Tool, ketik tulisan EFFIRO di tengahnya dengan font Dodger. Terserah warnanya apa. Terserah pula ukurannya yang penting terasa pas. Kalau belum terbiasa, tulis dulu dengan font sembarang lalu ganti dengan mengaksesnya dari menu font di toolbar. Tentu Text Tool harus aktif untuk melakukan ini.
Effiro Font
Ketiga: buat ikon Effiro yang bundar itu. Caranya mudah sekali tetapi kalau ingin instan silakan pakai ikon yang disertakan pada paket download tutorial ini di bawah. Nah, caranya adalah:
  • buat dulu sebuah lingkaran,
  • lalu duplikasikan 2 kali,
  • duplikat paling akhir dikecilkan (tahan Ctrl sambil drag panah pojok kanan atas) paling kecil dan diberi warna kuning,
  • duplikat pertama dikecilkan sedikit,
  • jadikan path untuk duplikat pertama dan lingkaran asli,
  • seleksi keduanya,
  • akses menu Path > Difference (pasti jadi bentuk donat),
  • buat segitiga dengan Pencil Tool di atasnya,
  • beri warna biru untuk lingkaran terluar dan segitiga.
Agar lebih jelas, silakan lihat gambar berikut.
Tahap Pembuatan Icon
Gunakan shortcut key berikut untuk memperlancar:
Ctrl+Shift+drag panah = mengubah ukuran objek secara memusat
Ctrl+drag objek = memindahkan objek lurus ke samping
Ctrl+- = difference (melubangi objek dengan objek di atasnya)
Ctrl+Shift+C = object to path (agar objek bisa dilubangi)
Drag penggaris ke bawah = menampilkan garis biru untuk meluruskan desain
Ctrl+G = meng-group beberapa objek jadi satu
Keempat: Jika logo sudah selesai, pindahkan ke dekat teks Effiro. Jadinya seperti ini. Mungkin masih belum simetris. Jadi, tugas kita men-simetriskan-nya.
Teks Effiro
Pilih objek teks beserta ikon bundar. Dengan tahan Ctrl + drag panah, ubah ukurannya agar pas di tengah-tengah. Usahakan ubah juga posisinya biar pas. Kalau Anda sulit mengaturnya, coba pakai grid dengan menekan Shift+3. Nanti keluar kotak-kotak seperti ini. Dan jika dirasa snapping otomatisnya (objek bisa menempel ke garis) mengganggu, matikan saja snapping-nya dari tombol Enable Snapping (atau tekan Shift+5).
Snapping Efiro
Jika sudah, usahakan memberi jarak sedikit antara si ikon bundar dengan teks. Lalu, pilih seluruh teks beserta ikon bundar. Biar cepat memilihnya, tahan Shift + drag di dalam persegi abu-abu. Ini bisa memilih banyak objek yang berada di depan objek background. Kalau sudah dipilih, jadikan path semua (Ctrl+Shift+C) kemudian Ungroup (Ctrl+U). Tampilannya seperti ini.
Icon Efiro
Kelima: Kalau sudah, buat duplikat background dulu sebanyak 1 kali. Beri warna duplikatnya biru. Ini akan menumpuk teks. Jadi, letakkan background duplikat ini di belakang teks dengan memilih background duplikat lalu tekan End. Berikut ini ilustrasi gunanya tombol End.
Tombol
Dalam keadaan teks dan ikon terpilih, lakukan menu Path > Union. Otomatis objek terpilih warnanya hitam semua. Dalam keadaan masih terpilih, tahan Shift lalu klik pada background. Tekan Ctrl+- atau menu Path > Difference. Hasilnya, background pertama kita akan berlubang dengan pola teks kita. Buktinya, background biru terlihat.
Effiro Background
Sekarang pilihlah background biru. Kalau sulit, zoom dulu (tahan Ctrl + gerakkan tombol Scroll-nya mouse) sampai pointer cukup kecil untuk mengklik warna biru. Jika sudah, ganti warnanya jadi putih.
Effiro Zoom
Efek letterpress sekaligus drop shadow: sekarang klik pada background yang abu-abu. Harus diklik supaya terpilih. Lalu lakukan menu Filters > Shadows and Glows > Drop Shadow. Atur ukurannya seperti pada gambar berikut. Anda boleh berkreasi dengan ukuran ini nanti bahkan bisa mem-preview-nya dulu sebelum OK. Kalau sudah selesai, tutup dialog Drop Shadow ini. Sampai sini, efek letterpress sudah jadi. Untuk menyempurnakan, kita akan menggunakan gradasi.
Effiro Drop Shadow
Efek gradasi: Duplikasikan background abu-abu (sekarang disebut foreground karena di depan) satu kali. Lalu beri warna putih.
Gradasi Images
Gradasi
Gunakan Gradasi (G) untuk membuat gradasi seperti ini pada foreground putih kita.
Gradasi Space
Logo Effiro Staccato Drop selesai.
Final Logo

Mendesain Red Patrol

Sebenarnya jika hasilnya seperti ini, bukanlah termasuk logo yang profesional. Namun karena font yang digunakan unik, maka hasilnya bisa tampak unik juga. Red Patrol ini sangat sederhana bahkan lebih sederhana daripada Staccato Drop tetapi mungkin lebih eye-catching karena warnanya yang nge-jreng :)
Pertama-tama: buatlah persegi panjang berukuran 302 x 147. Bisa juga dengan menduplikat milik Staccato Drop. Beri warna Maroon. Warnanya ada di palet warna bawah.
Red Images
Kedua: dengan Text Tool, ketik tulisan EFFIRO di tengahnya dengan font Xirod. Warnai hitam saja.
Pilih Font
Ketiga: duplikasikan background lalu kirim ke belakang dengan End. Pilih teks beserta background pertama, lalu lubangi dengan Ctrl+-. Untuk membedakan warnanya, beri foreground warna lain.
Background Logo
Letterpress dan drop shadow: masih dalam keadaan foreground terpilih, lakukan menu Filters > Shadows and Glows > Drop Shadow. Gunakan ukuran yang sama seperti sebelumnya. Sampai sini, efek letterpress selesai.
Drop Shadow Background
Gradasi: duplikasikan foreground satu kali. Kalau sudah, gunakan Gradasi (G) lalu buatlah gradasi seperti ini dengan kombinasi warna Maroon di luar dan Red di dalam tapi memancar ke luar. Caranya, klik dulu pusat titik gradasi lalu klik warna Red. Lalu klik salah satu lengan gradasi dan klik Maroon.
Gradasi Red Maroon
Langkah selanjutnya, pilih foreground lalu berikan garis putih kepadanya. Caranya, klik dulu foreground lalu klik kanan warna putih dan pilih Set Stroke.
Set Stroke Background
Terakhir, dengan font Xirod juga, ketik FIRE PATROL (Caps Lock on) di bawah effiro. Gunakan jarak 8 piksel antarkarakter. Pengaturan ada di toolbar atas.
Image Space
Hasilnya demikian. Semoga ini bermanfaat.
Hasil Akhir
Download Paket Tutorial
Paket file ZIP ini berisi
  • Tutorial ini dalam bentuk PDF
  • Font Dodger dan Xirod
  • File SVG dan EPS seluruh desain Effiro
  • Bonus wallpaper Effiro 3.413×2.560
Ukuran: 2 MB
Link: di sini
Kover tutorial:
Link ScapeSemoga tutorial tentang ilmu design kali ini bermanfaat untuk anda sehingga anda bisa menginplementasikan ilmu yang anda dapat dari FastNCheap Blog dalam kehidupan sehari-hari.

No comments: