Monday 15 April 2013

Cara Memotong Lagu Dengan Wave Pad


Misalkan anda memiliki sebuah lagu favorit yang ingin anda pasang sebagai sound pada saat startup windows, atau ingin anda jadikan sebagai ringtone handphone anda, tentu memasangnya secara full akan kepanjangan dan nggak banget deh. nah maka dari itu kita bisa memotong lagu kesukaan anda itu. anda bisa memotong pada bagian favorit anda kemudian memasangnya sebagai rongtone. bagaimana caranya…??

Memotong Lagu Dengan Wave Pad

Ikuti langkah-langkah berikut untuk memotong lagu audio anda:
1. Buka wave pad kemudian klik menu file > open
2. Carilah file audio yang akan anda edit, kemudian klik open atau klik ganda pada file tersebut.
3. Wave pad akan membuka grafik gelombang suara pada file audio anda
4. Putar file audio, dan tentukan bagian mana yang ingin anda potong atau anda buang.
5. Blok bagian yang ingin anda buang, kemudian klik kanan dan pilih delete, atau anda dapat menekan tombol delete keyboard anda.
memotong lagu
6. Dengan demikian bagian yang masih tinggal adalah bagian yang ingin anda gunakan sebagai sound windows anda.
7. Simpan file sound anda kedalam format wav, dengan mengklik menu file > save file as..
Tips memotong lagu agar terdengar natural :
Jika anda memotong lagu dan mengambil bagian dari sebuah musik atau lagu, adakalanya potongan musik atau lagu yang anda dapatkan  menjadi tidak pas dan tidak selaras, misalnya anda ingin mengambil bagian interlude dari sebuah lagu yang mempunyai tempo kencang seperti rock atau pungk, ingat anda hanya ingin mengambil bagian interludenya saja. Jika titik pemotongan anda tidak pas, bagian interlude yang anda hasilkan menjadi tidak enak didengar, atau jika potongan musik atau lagu tersebut tiba-tiba terhenti maka akan terdengar sedikit aneh, untuk itu gunakan lah fitur fade in dan fade out..

Memberikan Efek Fade In Pada Potongan Sound

Fade in adalah efek suara dari pelan ke kencang, sound yang menggunakan efek fade in akan mengalami gradasi suara dari terdengar perlahan pada awalnya untuk selanjutnya terdengar semakin kencang .efek fade in biasanya digunakan diawal lagu atau musik, Ikuti langkah berikut untuk mengunakan efek fade ini:
1. Blok bagian yang ingin anda  kenai efek fade in
memotong lagu
2. Klik menu effect > fade in
memotong lagu
3. Lihat grafik gelombang suara anda, setelah dikenai efek fade in, bagian yang anda kenai effek fade in akan terlihat mengerucut dari kecil hingga semakin besar hal ini menandakan bahwa bagian tersebut awalnya akan terdengar perlahan hingga kemudian terdengar semakin membesar.
memotong lagu

Memberikan Efek Fade Out Pada Potongan Sound

Efek fade out merupakan kebalikan dari efek fade in, yaitu efek suara dari kencang ke pelan, sound yang menggunakan efek fade out akan terdengar kencang pada awalnya hingga kemudian suara tersebut akan semakin mengecil.
1. Efek fade out biasanya digunakan di akhir lagu atau musik. Cara menggunakan effek fade out sama dengan cara menggunakan efek fade in.
memotong lagu
2. Blok bagian yang ingin anda kenai efek fade out.
3. Klik menu effect > fade out
4. Lihat grafik file audio yang anda kenai efek fade out akan terlihat semakin mengecil, hal ini menandakan bahwa  pada bagian tersebut akan terdengar kencang pada awalnya untuk kemudian terdengar semakin mengecil.
memotong lagu
Agar tidak ngelantur dari bahasan kita, Untuk efek-efek yang lain anda dapat mempelajarinya sendiri, anda dapat menggunakan menu help untuk mempelajari softwere ini secara lebih mendalam, jika anda mengalami kesulitan dalam mempelajari softwere tersebut anda dapat menanyakannya kepada saya lewat email. Untuk sekedar membuat bahan sound windows saya rasa  fitur-fitur diatas sudah cukup.

No comments: