Sunday 30 April 2017

Tips Memilih Smartphone Android Bekas / Second yang Bagus & Berkualitas

Tips Cara Memilih Smartphone Android Bekas / Second yang Bagus & Berkualitas
Ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan untuk memiliki sebuah hp android bekas tapi dengan kondisi yang masih bagus dan berkualitas . Jika ingin membeli hp android yang berkualitas, maka lakukan cara dan tips dibawah ini.
 

1. Cek kondisi Body HP Android
Tips pertama yang perlu anda lakukan adalah dengan mengecek body pada hp android Pastikan untuk body tidak memiliki cacat atau retak, kemudian untuk bagian layar jangan sampai mengalami kerusakan yang parah kalo bisa pilihlah yang masih mulus.

2. Cek Segel ketika hendak Membeli HP Android Second
Kemudian di tips ke dua yaitu dengan mengecek segel yang ada pada hp android, pastikan smartphone android belum pernah di service sebelumnya. Caranya dengan mengecek bagian belakang dan buka casing penutup hp android, buka semua komponen seperti baterai dan casing juga. Jika ada baud yang hilang atau komponen yang hilang maka dipastikan sudah pernah diservice sebelumnya.
Karena kemungkinan bukan hp second biasa yang di jual, melainkan hp benar-benar awalnya rusak dan diperbaiki lalu di jual menjadi hp second. Tidak sedikit nanti hp yang hasil perbaikan (rekondisi) akan cepat rusak, berbeda dengan hp android bekas yang belum pernah di service. Dengan kata lain hp android yang belum pernah diperbaiki berarti komponenya masih asli pabrik tentu lebih bagus.

3. Cek Kelengkapan HP Android Bekas
Lalu di tips ke tiga perlu anda ketahui betul nih sobat, bahwa kelengkapan hp android juga akan memilki nilai lebih nantinya. Pastikan pada hp android yang hendak dibeli terdapat dosbook (panduan hp android), kabel data usb / charger, baterai dan lainya. Jika ketika kelengkapan pendukung sudah ada maka itu bagus, dan jika tidak lengkap pastikan anda tawar lebih murah lagi karena tidak lengkap kan sob.

4. Ketahui Harga Pasaran HP Android
Selanjutnya adalah dengan mengetahui harga pasaran sebuah hp android, tentukan merek dan model hp yang akan dibeli nantinya. Coba browsing terlebih dahulu tentang tipe hp apa yang ingin anda beli, nanti akan muncul harga beserta spesifikasi hp yang akan di beli.
Setelah itu bandingkan dengan hp android second yang hendak and abeli, misalnya smartphone x dengan harga baru 3 juta rupiah, biasanya untuk harga second berkurang kisaran 15-45% dari harga normal. Jadi harga baru 3 juta, maka harga bekasnya 1,8 juta sampai 2,7 juta. Tapi semua itu tergantung kondisi hp itu sendiri, jika masih bagus hp android maka harganya juga lebih dibandingkan dengan yang tidak bagus.

5. Cek Speisifkasi Android Second
Perlu kita ketahui bahwa spesifikasi android merupakan hal yang juga wajib kita teliti sebelum membeli hp android second. Cek keseluruhan cpu, kapasitas ram, dan mode koneski internet yang digunakan, kualitas kamera, dan bagian layar. Anda dapat mengetahuinya di menu pengaturan hp android, pastikan sudah sesuai dengan yang anda inginkan.

6. Cek Nomor IMEI
Mengecek nomer imei adalah hal yang wajib untuk kita lakukan, ini bertujuan untuk mengecek keaslian dari smartphone android yang akan kita beli. Lalu pastikan bahwa nomor imei di hp android sesuai dengan imei di dosbook, cara cek imei smartphone android adalah keitkan *#06#* di panggilan dan klik panggil.

7. Cek Fitur Control Aksesoris HP Android
Pastikan anda mengecek fitur yang ada pada smartphone android, contohnya dengan mengecek microphone, speaker untuk melakukan panggilan suara. Cek kabel usb port yang digunakan, cek layar sentuh atau touchscreen apakah masih lancar atau tidak. Ketik dan panggil *#*#2664#*#* untuk mengecek kondisi layar sentuh apakah normal atau tidak. Fitur aksesoris juga sangat perlu sekali untuk kita perhatikan.

8. Mengetahui Kondisi Baterai
Mengecek keadaan baterai android itu sangat perlu, ada dua macam jenis baterai android. Yaitu ada yang tidak bisa dilepas dan ada baterai yang bisa dilepas, keduanya memiliki keuntungan sendiri-sendiri. Yang jelas pastikan tidak memilih baterai yang sudah melembung atau sudah membesar karena baterai sudah menggelembung berarti sudah rusak.

9. Pastikan fungsi Sinyal Normal

Nah sampai di cara ke sembilan yang perlu sobat terapkan adalah dengan mengecek kekuatan sinyal, kondisi sinyal yang ada pada hp android. Jaringan terbaik hp android saat ini adalah HSDPA (3G) dan 4G Lte. Jadi pastikan hp android mendukung jaringan tersebut atau pastikan juga kondisi sinyal keadaan normal, anda dapat mengeceknya untuk internetan, sms dan telepon.

No comments: